Kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) | Sukawinatan, Palembang

IMG_6942

Hebohnya pemberitaan media mengenai sampah Jakarta membuat saya teringat bahwa dulu pernah berkunjung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Sukawinatan, Palembang. Kunjungan ini dalam rangka mempelajari cara pengolahan sampah waktu saya dulu sedang koas di stase Ilmu Kesehatan Masyarakat.

DSC_0191

Pertama kali masuk ke kawasan TPA mata saya terbelalak melihat tumpukan sampah yang menggunung (secara harfiah). Ini kali pertama saya melihat gunungan sampah sebesar itu. Soal baunya, gak usah ditanya lah ya…. Acara pertama kami disambut oleh pihak pengelola TPA Sukawinatan, kami dijelaskan mengenai sejarah sampai teknik pengelolaan sampah di TPA ini.

Kebanyakan sistem TPA di Indonesia menganut open dumping. Sistem ini pada dasarnya sangat mudah, hanya menumpuk sampah di suatu area tertentu yang lama-kelamaan akan menggunung seperti TPA yang kali ini saya kunjungi. Sistem ini dianut karena memang lebih mudah karena hanya menumpuk sampah begitu saja. Namun sistem ini bisa berdampak buruk pada lingkungan dan manusia. Yang sudah tentu lahan pembuangan sampah tidak dapat digunakan untuk tujuan lain.

DSC_0166

Di TPA Sukawinatan kita bisa melihat banyak pipa yang mencuat dari dalam bukit sampah. Pipa ini merupakan pipa untuk menyalurkan gas yang dihasilkan dari gundukan sampah. Gas ini ternyata digunakan sebagai pembangkit listrik.

DSC_0167

DSC_0172

Cairan hitam yang merembes dari tumpukan sampah disebut leachate. Leachate ini jauh lebih bau dibanding gundukan sampah yang tadi, soalnya ini cairan inti dari gundukan sampah yang tadi.hahahaha.. Tampak foto diatas para pekerja sedang membersihkan selokan berisi leachate agar alirannya lancar kembali. Cairan hitam ini mengandung banyak sekali zat-zat berbahaya dan jangan sampai mengalir mencemari sungai dan air.

DSC_0178

Selang beberapa meter dari gunung sampah, bisa dijumpai sebuah sumur. Sumur ini dibangun sebagai sumur pantau yang bertujuan untuk mengontrol sumber mata air yang muncul di dekat gunungan sampah. Apakah sumber mata air sudah tercemar atau masih bersih.

DSC_0181

Di sini kita juga dapat menemukan sebuah bangunan tempat hasil karya daur ulang sampah. Biasanya sampah plastik yang dapat diolah kembali menjadi hiasan-hiasan menarik. Namun sayangnya gedung ini hanya seperti museum pameran hasil olahan sampah plastik saja. Tak tampak aktivitas pengolahan sampah plastik yang bekelanjutan apalagi aktivitas jual beli. Nampaknya pengelola TPA Sukawinatan harus lebih menggencarkan aktivitas pengolahan dan promosi sampah plastik sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi warga sekitar.

DSC_0174

Hayo tebak itu kolam apa ??. Itu adalah kolam pembuangan tinja dari seluruh rumah di Kota Palembang. Baunya gimana ? pikir sendiri aja ya…hahahaha. Jadi seluruh tinja yang ada di Kota Palembang dibuangnya ke kolam-kolam ini. Hanya dibuang gitu aja, dibiarkan mengendap tanpa ada pengolahan lebih lanjut. Mungkin nanti kalau sudah penuh ya bikin kolam lagi. Ihhh waaaw banget kan ?? wkwkwk.

DSC_0186

Nah yang ini adalah gedung pengelohan sampah organik yang kemudian dibuat menjadi pupuk kompos. Tampak para pekerja sedang mengolah limbah organik. Di gedung ini tidaklah terlalu bau seperti di tempat lain, mungkin karena isinya daun-daunan kali ya. Namun jangan salah, kita tetap harus menggunakan masker karena disini sangat berdebu.

Nah demikianlah catatan perjalanan saya sewaktu mengunjungi TPA yang ada di Sukawinatan, Palembang, masih banyak PR bagi pemerintah untuk membuat suatu sistem pembuangan akhir yang baik dan tidak mencemari lingkungan. Kita juga harus tetap menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, syukur-syukur bisa memilah sampah sesuai jenisnya. Tentunya hal ini akan memudahkan dalam pengolahan sampah dikemudian harinya.


Berikut ini foto-foto lain selama di TPA Sukawinatan

Advertisements

One thought on “Kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) | Sukawinatan, Palembang

  1. Pingback: #kelasbelajarzerowaste : Game 1 | Sheetavia's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s